Selasa, 17 April 2018

(Halo di Sini): Temui orang Jawa Malaysia

Teknologi anak bangsa -- Sudah lebih dari sebulan untuk hiatus saya dari blogging.Saya kehilangan fokus saya di blogging dan bingung harus berbuat apa.Alhamdulillah akhirnya saya punya ide untuk menulis lagi dan untuk sekarang saya akan menulis lagi secara teratur.Bertemu orang Jawa di Malaysia.

Teknologi anak bangsa -- Ya saya lakukan.Saya pergi ke Malaysia antara 2-5 Desember 2016 karena menghadiri pernikahan keponakan saya.Dia akan menikahi wanita tercintanya dan pernikahan itu diadakan di desa Bukit Hijau di Kuala Selangor, Malaysia.Tempat itu memakan waktu sekitar satu jam setengah dari Klang, kota tempat saya tinggal selama kunjungan saya.

Teknologi anak bangsa -- Saya telah diberitahu oleh saudara perempuan saya bahwa keluarga istrinya adalah orang Jawa dan sebagian besar penduduk desa adalah keturunan Jawa bersama dengan orang Banjar.Sebagian besar dari mereka masih berbicara bahasa Jawa terutama orang tua dan setengah baya.Sementara anak-anak kebanyakan hanya berbicara bahasa Melayu bahkan di rumah.Tiba dari masjid setempat setelah pendaftaran pernikahan, kami pergi ke rumah istrinya.

Teknologi anak bangsa -- Rumah kayu sederhana.Semua seperti di Indonesia, tenda, kursi, panggung pernikahan dan dekorasipastinya makanan lezat.Saya pergi untuk beberapa foto terutama wanita yang membantu tuan rumah untuk memasak makanan.Tradisi Rewang (bantuan) masih hidup khususnya di daerah pedesaan.

Teknologi anak bangsa -- Desa ini terletak di antara perkebunan kelapa sawit yang umum di Malaysia (serta di Sumatera dan Kalimantan).Ketika saya datang, mereka sibuk menyiapkan makanan, sementara wanita yang lebih tua saling mengobrol.Pertama dialognya dalam bahasa Melayu, tetapi kemudian beralih ke bahasa Jawa.Saya sangat gembira ketika mendengar orang Jawa di Malaysia, karena dengan penampilan mereka tidak berbeda dengan orang Malaysia lainnya bahkan kebanyakan dari mereka menggunakan sistem penamaan Malay (bersama dengan bin atau binte), meskipun beberapa dari mereka mencampurnya dengan bahasa Jawa.

Teknologi anak bangsa -- Saya berbicara bahasa Jawa dan mereka senang pada saat itu.Tetapi ketika saya mengatakan monggo (Jv: monggo), banyak dari mereka tidak mengerti dan mengenal saya sebagai Indon (bahasa Malaysia untuk bahasa Indonesia).Kami mengobrol sebentar, kebanyakan dari mereka bertanya tentang asal saya dan bagian mana dari Jawa yang saya tinggali.Mereka sangat hebat dan tersenyum, dansuatu hari saya akan kembali ke sana.

Teknologi anak bangsa -- Bahkan pada tanggal 4 Desember, pertunjukannya adalah kuda kepang (orang Indonesia mengatakan kuda lumping dan orang Jawa menyebutnya jaran kepang atau jathilan) yang telah dimodifikasi dari pertunjukan mistik menjadi pertunjukan hiburan yang benar-benar lengkap.Tidak ada gelas makan, tidak dirasuki, hanya untuk bersenang-senang tetapi masih cukup menakutkan bagi beberapa anak.Jadi itulah mengapa pernikahan keponakan saya bercampur antara Melayu dan Jawa dari latar belakang istrinya.Sejauh yang saya tahu ada dua jenis bahasa Jawa di Malaysia.

Teknologi anak bangsa -- Pertama tentunya orang Indonesia yang bekerja dan tinggal di Malaysia baik sebagai pekerja legal atau ilegal (saya lupa berapa banyak orang Indonesia di Malaysia saat ini ...2 juta?) Dan juga orang Malaysia Jawa yang sudah tinggal di Malaysia selama beberapa generasi, menjadi Malaysia dan berasimilasi ke dalam arus utama budaya Melayu .Sebagian besar orang Jawa Malaysia tinggal di Johor (konsentrasi Jawa tertinggi terutama di bagian barat dan selatan Johor), Selangor dan Perak Selatan.Dalam beberapa aspek mereka masih memiliki identitas Jawa awkeburukan setidaknya dalam bahasa.

Teknologi anak bangsa -- Sebagian besar generasi muda tidak berbicara bahasa Jawa dan ada beberapa keluarga yang masih mempertahankan dan mewarisi bahasa itu kepada anak-anak mereka.Berikut adalah beberapa dialog yang saya lakukan selama di Malaysia Dan yang satu ini Ini adalah pertunjukan Kuda Kepang Banyak politisi Malaysia memiliki nenek moyang Jawa atau langsung dari sisi ayah atau ibu mereka.Yang paling saya ingat adalah Muhammad Khir Bin Toyo dari Selangor, Ahmad Zaid Hamidi (menteri pertahanan Malaysia), Ruminah Sidek (aktris), Sheila Majid (beberapa leluhur Jawa) dan banyak lagi.Dan secara umum, bahasa Jawa Malaysia didasarkan pada dialek Jawa Tengah karena sebagian besar dari mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Ponorogo dan Pacitan (Jawa Timur).

Teknologi anak bangsa -- Umumnya kita dapat memahami apa yang mereka katakan dan sebaliknya, tetapi dalam beberapa kata sangat berbeda seperti pengaruh Melayu atau Inggris ketika mereka tinggal di Malaysia.Situasi yang sama mirip dengan pengaruh Suriname Jawa, Belanda dan Sranang Tongo yang lazim.Secara religius semua MOrang-orang Jawa alaysian adalah Muslim dan mereka secara bertahap berasimilasi ke dalam budaya Melayu dengan kesadaran Jawa.Saya menemukan banyak kelompok Jawa Malaysia di media sosial dan upaya mereka untuk melestarikan aspek-aspek Jawa masih dapat dikenali.

Teknologi anak bangsa -- Tapi apa pun kebangsaannya, kita tetap keluarga.Orang Jawa adalah orang Jawa siapa pun mereka, apa pun yang mereka percayai dan di mana pun mereka tinggal.Jawa sedhulur selawase (persaudaraan Jawa selamanya).22 Desember 2016 Iklan Bagikan ini: Twitter Facebook LinkedIn Seperti ini: Seperti Memuat ...

Teknologi anak bangsa -- Terkait .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar